Sejarah

Jurusan Matematika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang berdiri berdasarkan surat Keputusan Dirjen Bimbaga Islam No. E/107/1998, tanggal 13 Mei 1998. Pada saat itu, Jurusan Matematika masih merupakan salah satu program studi dengan nama Program Tadris Matematika di bawah naungan Jurusan Tarbiyah STAIN Malang. Perkembangan selanjutnya berdirilah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) yang memuat dua jurusan yaitu Jurusan Matematika dan Jurusan Biologi. Berdasarkan rekomendasi Dirjen DIKTI Departemen Pendidikan Nasional No. 3445/D/T/2002, 20 November 2002, Fakultas MIPA STAIN Malang berkembang menjadi 4 jurusan, yaitu Matematika, Biologi, Fisika, dan Kimia. Ketika STAIN Malang resmi menjadi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang pada tahun 2004, Jurusan Matematika menjadi salah satu jurusan dari 6 jurusan yang ada di Fakultas Sains dan Teknologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Jurusan Matematika berstatus Terakreditasi B berdasarkan surat Keputusan Badan Akreditasi Nasianal Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik lndanesia nomor: 022/BAN-PT/Ak-XIV/S1/VIII/20011 dengan masa berlaku dari 24 Agustus 2011 sampai dengan 24 Agustus 2016. Berdirinya Jurusan Matematika Fakultas Sains dan Teknologi UIN Maulana Malik lbrahim Malang berdasarkan surat Keputusan Dirjen Bimbaga Islam nomor: E/107/1998 tentang Penyelenggaraan Tadris Matematika di Jurusan Tarbiyah tertanggal tanggal 13 Mei 1998.

Sesuai dengan perkembangan sarana dan prasarana yang dimiliki serta dukungan tenaga pendidik dan kependidikan yang berkualitas, Jurusan Matematika memberikan perhatian dalam menghasilkan sarjana matematika yang menguasai matematika dan terapannya yang terintegrasi dengan nilai-nilai keislaman.

Jurusan Matematika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang juga memberikan pengetahuan tambahan yang merupakan pengembangan keilmuan matematika yaitu pemrograman komputer dan statistika. Semua ini dimaksudkan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang handal dan profesional bidang matematika, memiliki potensi moral yang tangguh dan berkemauan untuk menumbuhkembangkan sikap aktif, kreatif, dan mandiri sehingga mampu berperan secara optimal dalam kancah global dan siap bersaing dalam dunia kerja.