0

Matakuliah : Teosofi

Tujuan

Memperluas cakrawala berfikir mahasiswa agar terhindar dari fanatisme aliran. Memperkenalkan, menjelaskan dan membandingkan konsep-konsep aliran Kalam. Memahami, menghayati dan mengamalkan berbagai nilai aqidah Islamiyah dalam berbagai aspek kehidupan. Memahami kontribusi pemahaman sains dalam aqidah.

Menjelaskan konsep-konsep dasar dalam akhlaq dan tasawuf. Memahami hubungan antara akhlaq dan tasawuf. Memahami berbagai pemikiran tasawuf dan tokoh-tokohnya. Menerapkan akhlaq dan tasawuf dalam berbagai aspek kehidupan.

 

Materi

Pendahuluan: pengertian Ilmu Kalam. Latar belakang timbulnya Ilmu Kalam. Aliran-aliran dalam Ilmu Kalam: Jabbariyah. Qadariyah. Mu’tazilah. Asy’ariyah. Maturidiyah.   Perbandingan konsep pemikiran dalam Ilmu Kalam. Pemikiran Kalam ulama’ modern. Aqidah Islamiyah: Pengertian dasar tentang iman, kufur dan nifaq. Manifestasi aqidah Islamiyah dalam berbagai aspek kehidupan: Kebudayaan. Ekonomi. Politik.

Akhlaq: Pengertian epistemologi dan terminologi. Kriteria penilaian baik dan buruk: Konsep aliran dalam ilmu akhlaq. Pendorong terjadinya perbuatan; Kesadaran berbuat; Tasawuf: Pengertian, sumber-sumber tasawuf, hubungan tasawuf dan akhlaq. Pembagian tasawuf,tokoh-tokoh dan pemikirannya: Maqomat dan Ahwal. Hubungan antara Syari’at dan Hakikat. Thoriqot: Pengertian, unsur dan macam-macamnya. Berbagai macam aliran Thoriqot di Indonesia: Penerapan Tasawuf dalam berbagai aspek kehidupan.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>